Vaxcorp Indonesia

  • May 16, 2020

Dan dalam usaha untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus mendukung program pemerintah dalam menghentikan laju penyebaran Covid-19, Puslatbang KMP juga melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi seluruh pegawainya. IDXChannel – Gencarnya pemerintah memenuhi goal vaksinasi nasional dengan beragam merek vaksin impor, masyarakat justru menyampaikan kekhawatirannya soal merek vaksin yang paling ampuh menangkal Covid-19. Sampai uji coba di Inggris itu beres, banyak yang bisa kita pelajari tentang cara kerja vaksin di dunia nyata. Sebab penguatan literasi masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi pemerintah daerah dan masyarakat. “Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama. Pemerintah daerah setempat dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” tuturnya.

Dia mengatakan, para penderita komorbid seharusnya menjadi penerima prioritas nomor dua vaksin Covid-19. Seiring dengan kondisi tersebut, vaksinasi pun bisa lebih optimal guna mempercepat capaian kekebalan imun masyarakat. “Saya sudah berkoodinasi dengan bupati agar daerah yang terbilang cepat proses vaksinasinya ini segera di akomodir. Jangan sampai semangat serta permintaan dari masyarakat yang tinggi tidak dapat kita akomodir,” katanya. Ia mengingatkan Beltim agar tetap melakukan proses percepatan vaksin tahap satu di wilayah Beltim. Vaksin untuk masyarakat di desa-desa lebih baik didatangi secara langsung, tidak perlu menunggu mereka yang datang.

Setiap vaksin memerlukan dua kali penyuntikan dengan rentang waktu vaksinasi yang beragam dari 21 hari sampai sekitar tiga bulan. Terkait efek samping, kasus yang ditemukan cenderung bersifat ringan dan beragam pada tiap individu. Senada dengan Presiden, Dirga mengatakan bahwa goal percepatan harus dikejar oleh semua pihak.

Karenanya perusahaan vaksin, termasuk Moderna, kini sedang terus memperbarui vaksinnya untuk melawan varian-varian tertentu dari Covid-19. “Terkait distribusi vaksin, pemerintah sangat memegang teguh prinsip keadilan dan mempertimbangkan tingkat risiko tiap wilayah,” kata Satgas. Program Vaksinasi Nasional terus dipercepat dengan menargetkan prioritas berbasis risiko.

Vaksin terbaik

Secara umum, antusias masyarakat dan ASN Kabupaten Pasaman menjalankan program vaksin Covid-19, cukup besar. Seluruh puskesmas di tiap kecamatan di wilayah Kabupaten Pasaman, tampak ramai dikunjungi warga yang ingin memperoleh vaksin. “Butuh perjuangan juga untuk memperoleh vaksin tahap II ini,” ujar Bupati Benny, sambil ‘guyon’ dengan masyarakat, yang antri menunggu giliran vaksinasi di Puskesmas tersebut. Eka pun memaparkan, kondisi saat ini harus yang diwaspadai adalah Orang Tanpa Gejala yang bisa saja merasa sehat dan terus beraktifitas dengan mengabaikan protokol kesehatan. Menurutnya, tidak ada vaksin yang lebih baik daripada protokol kesehatan yakni melakukan 3M .

Disamping itu, untuk memenuhi kebutuhan program vaksinasi di Indonesia, Pemerintah kembali menerima sebanyak eight juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bulk yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 31 Mei 2021. Pemerintah berharap, program vaksinasi nasional dapat berjalan dengan baik dan berjalan sesuai jadwal. Dengan demikian, kesehatan masyarakat dapat pulih dan ekonomi nasional dapat bangkit. Pada kegiatan Corporate Social Responsibility tersebut, Telkomsel turut menggandeng Halodoc sebagai perusahaan teknologi yang sudah berpengalaman di bidang kesehatan untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi agar dapat berjalan optimal.

Dan tak lupa, tanggal 1 Juni yang bertepatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum menginternalisasi nilai-nilai Pancasila yang salah satunya semangat persatuan. “Semangat persatuan ini, merupakan kunci utama kolaborasi pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanganan COVID-19 sehingga nantinya pandemi hilang dari tanah air,” pungkas Wiku. Menurutnya, soal pemberian vaksin ketiga, Kemenkes juga harus berkonsultasi dengan KCPPEN dan semua pihak yang terkait sehingga nanti pelaksanaan haji dan umrah khususnya yang dipersyaratkan itu bisa berjalan baik.

Sejak pagi warga sekitar, mahasiswa, dan masyarakat pesisir Bandar Lampung mengantre tertib untuk divaksin. Ia menambahkan, hal ini dilakukan agar persepsi yang muncul di masyarakat tidak seperti informasi perihal UU Cipta Kerja. Selain itu, ia menganggap titik krisis dalam hal vaksin adalah implementasi yang jangan menganggap remeh akan soal vaksin itu sendiri. Jakarta sudah melaksanakan vaksinasi sejak awal 2021 dan hingga kini terus membuka kesempatan kepada warga agar dapat divaksinasi sesegera mungkin. Kini, warga 12 tahun ke atas sudah bisa mendapatkan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat atau di sentra-sentra vaksinasi yang dibuka di Jakarta. Maka, pastikan kamu mendapatkan dosis kedua vaksin Covid-19, berdasarkan interval minimal yang tertera sesuai vaksin pertamamu, ya.