Sosialisai Dan Simulasi Menabung Rumah Yatim Kota Bekasi

  • May 6, 2020

Ada begitu banyak di masa depan yang tidak dapat dikendalikan, jadi menyisihkan uang untuk dibelanjakan saat Anda membutuhkannya sebenarnya adalah mengatur dan mengendalikan masa depan dan urusan keuangan. Anda tidak akan rugi dengan menabung dan setelah itu akan mendapatkan masa depan yang lebih bahagia. Namun, untuk memulai kebiasaan menabung dan berinvestasi bukanlah hal yang mudah.

Tentunya hal tersebut harus dilakukan sejak anak masih berusia dini agar anak mudah mengerti manfaat menabung untuknya kelak. Perilaku konsumen pada saat itu yang masih banyak belum membiasakan diri untuk menabung pada akhirnya mulai berubah dan berpikir pentingnya menabung untuk masa depan yang lebih baik. Sebenarnya, faktor lain yang membuat banyak milenial yang enggan menabung karena punya pikiran yang terlalu jauh tentang biaya hidup.

Dalam hal ini, Sobat Lakuuu akan mempunyai kebebasan dalam menentukan pilihan hidup yang terpisah dengan pendapatan pokok. Uang tersebut bisa untuk berlibur, resign dari pekerjaan, mengenyam pendidikan, berbisnis hingga berinvestasi. Secara tidak langsung, dengan menabung maka Sobat Lakuuu akan terhindar dari kebiasaan berhutang. Karena, jika memiliki uang cadangan, maka bisa dengan tenang menghadapi saat-saat yang terdesak atau kesulitan keuangan.

Dengan menabung, kita mengajarkannya bahwa uang harus dihargai dan menjauhkannya dari sifat menghambur-hamburkan uang. Merdeka.com – Bagi sebagian orang, menabung tentunya masih sulit untuk dilakukan. Alasannya adalah berbagai kebutuhan hidup dan keinginan yang ingin dicapai biasanya membuat terlena untuk menabung dan memikirkan cara berinvestasi yang seharusnya dilakukan sejak kecil.

Pentingnya menabung

Keadaan darurat memang tidak dapat dihindari oleh siapapun seperti sakit dan membutuhkan perawatan yang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit, sehingga mau tidak mau berhutang lah yang menjadi jalan paling mudah. Seperti berhutang ke bank, padahal berhutang ke bank bunganya cukup tinggi dan prosesnya pun sulit untuk pengajuan ataupun pembayarannya. Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas. Karena, dengan memiliki tabungan kamu sudah memiliki dana yang bisa digunakan saat ada keadaan darurat tanpa harus mencari dana apalagi berhutang.

Untuk mendukung penerapan menabung dengan menggunakan metode Kakebo, mereka juga akan menyimpan seluruh struk belanjaan. Kategori pertama dialihkan untuk keperluan biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, cicilan dan lainnya. Tapi sebelum itu, pahami terlebih dahulu alasan pentingnya menabung. Kendati tak mudah, namun jika Anda berkomitmen untuk menabung maka tak ada kata tidak mungkin. Menabung berarti memiliki cadangan uang untuk menghadapi situasi apapun, termasuk bencana atau musibah.

Uang tabungan yang diperoleh dari pengelolaan uang saku yang baik akan lebih efektif dalam mengajarkan dan membudayakan menabung ketimbang hanya membiasakan anak menjadi kurir tabungan. Karena ketika TK dan SD setiap hari orang tua membekali mereka dengan uang saku untuk jajan dan secara terpisah mereka juga diberikan uang tabungan untuk disetorkan kepada guru kelas. Tapi, orang tua tidak lagi memberikan uang untuk menabung sejak mereka duduk di bangku SMP. Jika kamu mulai menabung sejak dini kamu juga bisa mengatur skala prioritas kamu, seperti berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran.

Misalnya, dengan me-review aplikasi online seperti Gojek atau Grab, apakah memang perlu, padahal harusnya kita bisa berjalan kaki. Atau mungkin makan dan nongkrong di dua restoran yang mahal di minggu yang sama. Bagi Milenial, uang adalah penting, namun masih banyak dari mereka tidak paham cara mengelola uang yang baik yang berorientasi kepersiapan masa depan. Gaya hidup yang tinggi terkadang penghambat bagi mereka untuk menabung atau berinvestasi . Menurut Humas KKN Kelompok 63, Andika Saputra menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan program ini agar masyarakat bisa tahu akan manfaat beberapa tanaman obat. Saat ini masyarakat sangat bergantung dengan obat-obatan kimia, padahal ada tanaman yang bisa menggantikannya sebagai obat.