Pentingnya Menabung Dan Merencanakan Keuangan Untuk Masa Depan

  • May 7, 2020

Sesuai dengan filosofi pakemnya sejak dulu, menabung yakni mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kebutuhan masa depan, baik kebutuhan yang sudah terencana maupun kebutuhan mendesak. Padahal di usia yang muda seharusnya Anda memanfaatkan waktu untuk berinvestasi lebih agresif agar bisa mendapatkam imbal hasil yang optimum di masa depan. Banyak orang berpikir bahwa menabung bukanlah prioritas karena penghasilan yang masih sangat rendah saat ini. Beri pemahaman pada anak Anda bahwa uang tidak mudah dicari jika tanpa usaha. [newline]Pemborosan atau membuang uang untuk hal-hal tidak penting termasuk kategori tidak menghargai uang. Dan ternyata kegigihan saya untuk rajin menabung dan bergaya hidup biasa saja bukan keputusan yang salah.

Hal tersebut dikarenakan aset investasi Anda dapat menghasilkan uang sendiri sehingga keuntungannya akan terkumpul dan dapat Anda nikmati. Untuk itu, ingatlah tujuan yang ingin kamu wujudkan supaya semangat menabung dan berinvestasi. Nah, jika kamu memiliki kesulitan membiasakan diri untuk menabung dan berinvestasi, coba ingat 5 hal berikut ini. Selain itu, melansir Kontan.co.id, menabung juga dapat membuatmu lebih mudah mengatur dan menentukan sesuatu yang prioritas dan bukan prioritas. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung, bisa berharap jika nantinya anak akan tumbuh memiliki motivasi menabung untuk masa depannya kelak. Manfaat menabung untuk anak sejak dini berikutnya adalah bertujuan untuk mengajarkan bagaimana anak, kelak dapat memberikan keputusan yang paling bijak.

Efeknya, orang yang konsisten menabung akan berpikir dua kali untuk pengeluaran yang tidak perlu. Beberapa orang terpaksa berhutang ke orang lain, bahkan mengajukan utang ke financial institution, saat terdesak untuk membayar suatu kebutuhan yang sifatnya mendesak. Saat ini menabung sudah meluas sembari berinvestasi seperti menabung emas, menabung saham, hingga menyimpannya di reksadana atau membeli surat utang dari uang yang disisihkan. Manfaat menabung tak hanya menyehatkan secara finansial, namun juga menyehatkan dari sisi psychological. Manfaatnya juga tak terbatas usia, beragam keuntungan menabung berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak. Dengan begitu, anak Anda akan memahami bahwa ia harus bertanggung jawab atas uangnya sendiri mau dipakai untuk apa.

Mereka berpendapat bahwa tabungannya tidak akan cukup untuk membeli rumah di masa depan. Sayangnya, pemikiran tersebut benar adanya karena harga tanah dan bangunan selalu naik dan inflasi terus terjadi. Namun, bagaimanapun kita perlu menabung minimal untuk biaya hidup 3-6 bulan ke depan, sehingga nggak akan kesulitan dan berhutang jika tiba-tiba ada hal darurat ataupun harus resign dari pekerjaan. Untuk masalah inflasi atau kenaikan harga rumah yang tinggi, yang tidak bisa dikalahkan oleh bunga tabungan.

Pentingnya menabung

Meskipun tidak lagi memiliki sumber penghasilan, setidaknya kamu masih memiliki uang yang bisa dipakai untuk hidup. Dari beberapa poin yang sudah disebutkan diatas, poin ini merupakan yang terbaik yaitu persiapan untuk masa depan yang lebih baik. Dengan memiliki tabungan, uangmu diputar dan kamu bisa memiliki keuntungan dari sana.