Pengembangan Permainan Ular Tangga Snakes And Ladders Recreation Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Demak Pada Materi Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang Tahun Ajaran 2014

  • June 11, 2020

Hasilnya, VOC menjadi megakorporat yang memiliki keuntungan terbesar. Pada abad ke-16, Portugis mengedarkan mata uang yang terbuat dari perak, yaitu piastre Spanyol yang disebut juga mat, pasmat, real, atau dollar. Bahkan, dalam rapat dengar pendapat bersama DPR, Ketua KPPU Syarkawi Rauf blak-blakan. Dia mengatakan ada kartel dalam importasi dua jenama sepeda motor terbesar di Indonesia itu.

KOngsi dagang

Seiring meluasnya wilayah kekuasaan VOC, praktik korupsi kian merajalela, mulai dari menyunat uang kas dan anggaran VOC sampai memeras penduduk. Warisan yang ditinggalkan VOC lantas ‘dilungsurkan’ ke Belanda, berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal, daerah kekuasan, serta berupa utang 136,7 juta gulden. Keterlibatan VOC dalam urusan politik kerajaan-kerajaan di Nusantara tercermin dari jumlah perjanjian yang diteken dengan para penguasa atau kerajaan yaitu 1.000 lebih dalam kurun waktu 200 tahun. KABAR WONOSOBO – Tepat pada 20 Maret, 419 tahun yang lalu , sebuah Kongsi dagang besar dibentuk dari enam perusahaan dagang Belanda denga nama Verenigde Oostindie Compagnie alias VOC. Penerapan cultuur stelsel banyak mengalami penyimpangan, seperti waktu tanam yang melebihi usia tanam padi, tanah yang seharusnya bebas pajak tetap kena pajak, hingga rakyat harus menyediakan sampai setengah tanahnya. Meski begitu, Tanam Paksa juga berdampak positif karena rakyat Indonesia mengetahui jenis-jenis tanaman baru dan mengetahui cara tanam yang baik.

Sebelumnya, Gowa juga berhasil mem bebaskan Maluku dari sistem hongtochten yang dilakukan Belanda. Buku ini memberikan gambaran mengenai sejarah datangnya VOC dilihat dari berbagai macam aspek. Pengarang mencoba menganalisis perkembangan ekonomi serta naik turunnya keadaan kongsi dagang, organisasi, dan struktur organisasi tersebut. Penulis juga banyak membahas mengenai kantor-kantor perusahaan dagang VOC di Asia. VOC untuk menguasai perdagangan rempah di Nusantara selalu memicu konflik terhadap masyarakat di daerah yang dikunjunginya.

Tetapi sama sekali mereka tidak dikenakan hukuman mati, dan saya tidak tahu apakah mereka dipaksa mengembalikan barang-barang yang diperolehnya secara gelap,” tulis Boxer. Pemimpin VOC di Belanda insyaf bahwa gaji yang mereka bayarkan alakadarnya dan sadar bahwa para pejabat dapat menyedot keuntungan yang besar dari jabatan mereka. Oleh karena itu, pemimpin VOC di Belanda maupun di koloni menjual jabatan. “Demikian besar kemungkinan melakukan korupsi tanpa pernah dihukum sehingga untuk menjadi karyawan VOC orang rela menyogok,” tulis Parakitri. Menurut sejarawan Ong Hok Ham, perdagangan pribadi atau perdagangan gelap disebut morshandel . “Sebenarnya tidak kecil karena mereka memakai berbagai fasilitas VOC, seperti kapal, gudang, modal, koneksi, dan lainnya,” tulis Ong dalam Dari Soal Priayi Sampai Nyi Blorong.

Pada tahun 1611 VOC mendapat izin untuk membangun satu rumah kayu dengan fondasi batu di Jayakarta, sebagai kantor dagang. Batavia juga merupakan nama sebuah kapal layar tiang tinggi yang cukup besar buatan Belanda , dibuat pada 29 Oktober 1628, dinahkodai oleh Kapten Adriaan Jakobsz. Tidak jelas sejarahnya, entah nama kapal tersebut yang merupakan awal dari nama Batavia, atau bahkan sebaliknya, pihak VOC yang menggunakan nama Batavia untuk menamai kapalnya. Kapal tersebut akhirnya kandas di pesisir Beacon Island, Australia Barat. Dan seluruh awaknya yang berjumlah 268 orang berlayar dengan perahu sekoci darurat menuju kota Batavia ini.

Misalnya yang dicari adalah “air, minyak, larut”, maka hasil pencarian yang akan ditampilkan adalah minyak dan larut saja. Pada waktu itu orang-orang Belanda sangat memerlukan bantuan budak, maka banyak diambil dari orang-orang Irian. Bahkan pada tahun 1667, Pulau-pulau yang termasuk wilayah Irian yang semula berada di bawah kekuasaan Kerajaan Tidore sudah berpindah tangan menjadi daerah kekuasaan VOC. Dengan demikian, daerah pengaruh dan kekuasaan VOC sudah meluas di seluruh Nusantara.

Peninggalan Inggris tersebut juga memiliki terowongan bawah tanah misterius yang dikabarkan tembus hingga Pantai Panjang, Tapak Padri, dan Gedung Daerah. Namun, karena tak terawat, terowongan itu kini buntu dan tertutup untuk umum. Kegagahan benteng itu tampak dari dinding batanya yang dibuat setebal 1 meter. Jika dilihat dari atas, tampak Marlborough berbentuk segi empat dengan bastion atau pos jaga di tiap sudutnya. Dari 14 negara RCEP, Indonesia mampu mencetak surplus dagang terhadap 9 negara. Artinya, nilai ekspor yang dicatat Indonesia terhadap negara-negara tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai impornya.

Dengan adanya sistem monopoli yang dilakukan VOC, maka dengan mudah hasil rempah-rempah dapat dikuasainya. Pada tahap genting dalam perundingan yang diselenggarakan tanggal 15 Januari 1602 itu, Oldenbarneveldt mendapat tanggapan positif dari penguasa, Pangeran Maurits. Berdasarkan argumen di atas VOC dihapuskan pada tanggal 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang dihindarkan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia. Usulan ini baru terealisasi empat tahun berikutnya, yakni pada 20 Maret 1602 secara resmi dibentuklah persekutuan kongsi dagang Belanda di Nusantara sebagai hasil fusi antar kongsi yang telah ada. Kongsi dagang Belanda ini diberi nama Vereenigde Oost Indische Compagnie atau dapat disebut dengan “Perserikatan Maskapai Perdagangan Hindia Timur atau Kongsi Dagang India Timur”. Dengan demikian latar belakan didirikannya VOC adalah untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat antara kongsi-kongsi dagang yang berasal dari Belanda.

Kampung Tangkolak, Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang juga turut berbenah. Pemerintah desa bersama Pemkab Karawang, dan Agen PAY4D Terpercaya komunitas terus berinovasi. Seiring mengantisipasi abrasi melalui penanaman mangrove terus dilakukan, obyek wisata mangrove terus digalakkan.

Sejak kedatangan VOC ke Nusantara, eksploitasi dan penindasan terhadap petani dan masyarakat semakin menjadi-jadi. Sikap orang Belanda yang semena-mena dan merasa superior membuat jengah para penguasa lokal. Alhasil, banyak perlawanan yang dilakukan guna mengusir VOC dari Nusantara. Bercerita mengenai rempah, dahulu di jaman kolonial, rempah di bumi nusantara menjadi primadona. Aroma yang khas dari rempah nusantara membuat Bangsa Eropa jatuh hati. Tidak heran jika rempah pada saat itu menjadi komoditas unggulan yang diperebutkan negara-negara di Eropa.