Memulai Usaha Bengkel, Siapkan Bujet Segini

  • May 10, 2020

Padahal sistem ini bisa membantu pengusaha bengkel untuk meningkatkan kualitas layanannya. Bisnis bengkel merupakan bisnis yang unik, begitupula dalam sistem pembukuannya. Ketika Anda adalah seorang mekanik dan menjalankan usaha bengkel otomotif, melakukan pembukuan dengan cara yang tepat akan membantu Anda dalam mengelola arus keuangan usaha bengkel Anda secara keseluruhan.

Jika pelanggan merasa terpenuhi, maka mereka akan puas sehingga dapat mengangkat citra usaha bengkel Anda. Modal awal dalam pembuatan bengkel motor meliputi biaya untuk pembangunan toko, biaya operasional, pembelian spare components, dan pembelian alat. Teguh menambahkan, set perbengkelan paling murah itu bisa untuk membuka bengkel ban mobil atau tire store.

Namun sayangnya dengan pengetahuan bisnis yang kurang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah dijalankan. Menurut knowledge dari Badan Pusat Statistik kurang lebih terdapat 113 juta unit sepeda motor di tahun 2019 dan jumlah ini kian bertumbuh seiring berkembangnya waktu. Kondisi ini menciptakan peluang baru untuk membuka usaha bengkel motor. Syarat utama untuk membuka usaha bengkel mobil pastinya adalah sobat mempunyai keterampilan dalam mengatasi kerusakan pada sebuah mobil. Namun kebanyakan pengusaha bengkel mobil yang sukses bermula dari kemampuan mereka memperbaiki mobil dan hobi terhadap dunia mobil atau otomotif.

Meski begitu, tetap ada beberapa kekurangan dan keuntungan lain dari usaha bengkel motor tidak resmi ini. Analisa untuk bisnis ini juga memperlihatkan lahan keuntungan dengan pasar yang meluas. Terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan sepeda motor di Indonesia. Kepemilikan kendaraan pribadi sudah menjadi hal yang wajar terjadi, baik di lapisan masyarakat atas, menengah, maupun bawah. Bagaimana pun kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, gender, ataupun kondisi sosial, setiap pemilik kendaraan pribadi membutuhkan bengkel sebagai tempat perawatan dan perbaikan motor dan mobil yang mereka miliki. Menurut Yayat, bisnis bengkel masih berpeluang menjanjikan apabila bengkel tersebut memiliki empat hal berikut.

Usaha bengkel

Setiap pemilik kendaraan pun tidak mungkin tidak pergi ke bengkel selama ia masih menginginkan kendaraanya berfungsi dengan baik. Semakin sering motor dan mobil digunakan, semakin besar pula perawatan yang dibutuhkan. Apalagi, tuturnya, industri otomotif membutuhkan bengkel umum ataupun bengkel resmi sebagai bagian dari layanan purnajual bagi pelanggan.

Buat kamu yang menyukai dunia otomitf, membuka bengkel bisa jadi usaha menarik buatmu. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membuka bengkel sepeda. Hal yang utama yang harus disiapkan adalah ilmu pengetahuan tentang sepeda dan tentunya modal untuk membuka bisnis ini. Kamu juga harus mengetahui tentang jenis-jenis sepeda, nama-nama suku cadangnya, dan bagaimana perawatannya.

Membuka usaha bengkel ini akan sangat menguntungkan apalagi pada musim menjelang mudik seperti saat ini. Biasanya, pada masa-masa tertentu seprti menjelang bulan puasa dan mudik lebaran, omset atau pendapatan bisnis ini meningkat hingga 10% atau lebih lho. Hal ini berkaitan dengan tradisi mudik yang dilakukan orang-orang ketika menjelang hari besar, orang tentu ingin kendaraannya dalam kondisi yang “aman” pada saat mudik.