Manajemen Bisnis

  • May 7, 2020

RRA lebih bersifat “penggalian informasi”, sedangkan PRA dilaksanakan bersama-sama masyarakat, mulai dari pengumpulan informasi, analisa, sampai perencanaan program. Perencanaan mencegah kesalahpahaman tentang tujuan akhir dan mengembangkan kebutuhan-kebutuhan yang dirasakan maupun yang tidak dirasakan. Perencanaan membantu pengembangan kepemimpinan, yaitu dalam menggerakkan semua pihak yang terlibat dan menggunakan sumberdaya yang tersedia dan dapat digunakan untuk tercapainya tujuan yang dikehendaki. Menurut Friedmann, perencanaan akan berhadapan dengan downside mendasar yakni bagaimana teknis pengetahuan perencanaan yang efektif dalam menginformasikan aksi-aksi publik. Atas dasar tersebut maka perencanaan didefinisikan sebagai komponen yang menghubungkan antara pengetahuan dengan aksi/tindakan dalam wilayah publik. Friedmann menyatakan perencanaan harus bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pentingnya rencana, dan rancangan usaha

Hampir seluruh rencana bisnis di buat di komputer atau sejenisnya kemudian dicetak atau di sajikan dalam bentuk hard copy. Suatu rencana kerja yang ketat yang ditujuakan untuk ruang inside mungkin dapat menghilangkan beberapa komponen penting yang ditujukan untuk sesorang diluar perusahaan. Rencana kerja merupakan alat yang dipergunakan untuk menjalankan bisnis anda. Semua jenis rencana kerja ini membutuhkan jumlah kerja yang berbeda dan tidak selalu dengan hasil yang berbeda. Rencana bisnis ini biasanya berisi tentang rencana element dan anggaran yang menunjukan bagaimana tujuan bisnis dapat di wujudkan.

Strategi berisikan cara-cara dalam bentuk teknik atau rencana yang melibatkan semua faktor produksi yang dimiliki perusahaan dalam mencapai cita-cita. Untuk dipakai sebagai alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha sehari-hari . Di bawah perencanaan, kegiatan masa depan direncanakan untuk mencapai tujuan. Dalam situasi seperti itu, koordinasi dilakukan di antara berbagai kegiatan dan departemen. Dengan adanya rencana bisnis, kita dapat menentukan apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan, sehingga kita pun dapat menyusun prioritas operasionalnya. Rencana bisnis menjadi hal tak terpisahkan dalam proses membangun bisnis.

Suatu rencana kerja yang dibuat tertulis dan resmi guna menjalankan perusahaan merupakan perangkat tepat untuk memegang kendali perusahaan dan menjaga agar fokus usaha perusahaan tidak menyimpang. Selain itu, melalui rencana, mereka dapat memonitor apakah mereka semakin dekat dengan tujuan pemasaran atau tidak. Jika tidak, mereka dapat mengevaluasi aktivitas pemasaran dan berhenti sebelum memboroskan sumber daya lebih lanjut. [newline]Bagaimana cara setiap pelaku usaha dalam mengambil keputusan ketika dihadapkan dalam situasi serta kondisi bisnis yang tidak menentu akan sangat berpengaruh terhadap bisnis itu sendiri.

Dengan begitu, strategi pemasaran dapat diterapkan dengan tepat dan efisien. Suatu kegiatan pastilah harus memiliki sebuah perencanaan sebelumnya, seperti halnya membangun sebuah usaha. Karena segala jenis usaha apapun yang dilakukan tidak luput dengan adanya sebuah perencanaan, karena melalui perencanaan si pengusaha dapat mengendalikan usanya jika dalam kondisi apapun dan mendesak sekalipun. Dan juga tujuan utama dari sebuah perencanaan usaha adalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan tanpa adanya suatu masalah di dalamnya. Segala kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan, untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuan. Karena itu, perlu diketahui faktor- faktor lingkungan intern dan ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya, atau yang mungkin menimbulkan masalah.