Informasi Lengkap Jurusan Ilmu Politik

  • April 26, 2020

Mata kuliah ini mempelajari istilah dan pengertian hukum pajak, arti dan fungsi pajak, dasar hukum dan falsafah pajak, asas perpajakan, pendekatan pajak dari segi hukum, hubungan pajak positif dengan bidang hukum lain, penggolongan pajak positif, tax reform, hukum pajak materials dan formal, serta peradilan pajak. Dengan mempelajari studi politik, kamu akan belajar tentang masyarakat dan kepentingan suatu negara. Ini termasuk masalah sosial, hukum, ketidaksetaraan gender, keragaman budaya, dan hubungan antar negara. Pendidikan politik harus segera digalakan kembali disetiap lini kehidupan, baik lewat intitusi pemerintah maupun non pemerintah; baik secara formal maupun nonpormal, sehingga permasalahan sosial yang begitu berbahaya seperti berita hoax, manuver politik saling tikam, dan perpecahan akibat problem SARA bisa segera diatasi. Karena ketika pendidikan politik sudah berjalan dan dapat dipahami, maka setiap warganegara Indonesia akan turut membangun masyarakat dan negaranya, yang dilakukan bersama-sama dengan pemerintah. Selain itu, mereka akan aktif dalam usaha mendinamisir dan merenovasi lembaga masyarakat beserta system politiknya maka terciptalah warga negara yang baik dan pintar .

Sebagai kondisi, Ketahanan Nasional merupakan kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan dan dibina secara dini, terus menerus, terpadu dan sinergis. Sebagai konsepsi, Ketahanan Nasional merupakan landasan konsepsional strategis yang sekaligus merupakan pisau analisis untuk memecahkan berbagai permasalahan strategis bangsa melalui pendekatan eight aspek kehidupan nasional yang terdiri dari three aspek alamiah yang bersifat statis dan 5 aspek kehidupan yang bersifat dinamis. Sebagai wawasan nasional, konsepsi Wawasan Nusantara menganut filosofi dasar geopolitik Indonesia yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai hasil perenungan filsafat tentang diri dan lingkungannya, Wawasan Nusantara mencerminkan pula dimensi pemikiran mendasar bangsa Indonesia yang mencakup dimensi kewilayahan sebagai suatu realitas serta dimensi kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai suatu fenomena hidup.

Hal ini juga dirasakan dan diungkapkan oleh mantan Presiden BJ Habibie dan Ibu Megawati dalam sambutannya di hadapan MPR RI pada tanggal 1 Juni 2011 dalam rangka memperingati Pidato Bung Karno 1 Juni 1945. Dalam sambutannya Bapak BJ Habibie menyampaikan “……sejak reformasi 1998, Pancasila seolah-olah tenggelam dalam pusaran sejarah masa lalu yang tak lagi relevan untuk disertakan dalam dialektika reformasi. Pancasila semakin jarang diucapkan, dikutip, dan dibahas baik dalam konteks kehidupan ketatanegaraan, kebangsaan maupun kemasyarakatan. Pancasila seperti tersandar di sebuah lorong sunyi justru di tengah denyut kehidupan bangsa Indonesia yang semakin hiruk-pikuk dengan demokrasi dan kebebasan berpolitik”1.Ibu Megawati juga menyampaikan bahwa“…………dalam kurun 13 tahun reformasi, menunjukkan kealpaan kita semua terhadap dokumen penting sebagai rujukan Pancasila dalam proses ketatanegaraan kita”2. Peran dan hubungan diantara kedelapan gatra saling terkait dan saling tergantung secara utuh menyeluruh membentuk tata laku masyarakat dalam kehidupan nasional.

Mempelajari politik Indonesia

Kamu juga pasti akan bertemu dengan petinggi partai politik, pimpinan dewan perwakilan rakyat, bahkan berdiskusi dengan para aktivis. Tujuan jurusan kami adalah untuk memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang salah satu kekuatan paling kuat yang beroperasi pada masyarakat, komunitas, dan perusahaan saat ini, yaitu pemerintah dan politik di AS dan di seluruh dunia. Pasti kamu selalu berpikir bahwa lulusan ilmu politik akan selalu bekerja menjadi DPR atau bergabung menjadi anggota partai politik. Kebenaran teoritik dan kebenaran hukum berkaitan dengan banyaknya teori-teori hukum dengan berbagai alirannya. Kebenaran teori merupakan dari hasil ujian dalam sintesa-sintesa yang sudah dibuat dalam teori tersebut.

Namun di sisi lain, tidak dapat disangkal, bahwa keseharian kehidupan masyarakat telah diwarnai pola pikir, pola sikap dan pola tindak individualistis dan kelompok. Masyarakat luas, dalam berbagai tataran, telah mengadopsi nilai – nilai baru yang belum sepenuhnya dipahami serta diyakini kebenaran dan kesesuaiannya dengan karakter bangsa. Sementara, nilai – nilai luhur bangsa dianggap sebagai nilai lama yang usang dan sudah tidak relevan dengan semangat reformasi yang sarat dengan semangat perubahan. Semangat perubahan telah diartikan secara hitam putih dan bahkan cenderung pragmatis tanpa memperhatikan dampak yang diakibatkannya. Penguasaan ruang secara de facto dan de jure merupakan legitimasi dari kekuasaan politik. Bertambahnya ruang negara atau berkurangnya ruang negara oleh berbagai jenis sebab, selalu dikaitkan dengan kehormatan dan kedaulatan negara dan bangsa (Sunardi, 2000, 33 – 35).

Politik merupakan ibu dari segala ilmu, tanpa campur tangan politik maka semua cabang ilmu akan lemah lunglai tak bergeming. Politik juga merupakan status bangsa, konsistensi kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilengkapi dengan human sense dan human relationship yang tulus, ikhlas, empati, peduli, menempatkan eksistensi negara dikancah dunia tanpa mengubah jati diri bangsa. Mahasiswa yang mengikuti salah satu bentuk program MBKM nantinya akan dikonversi sebanyak 20 sks atau setara 1 semester pelaksanaan program tersebut, dan maksimalnya mahasiswa dapat mengambil dua semester untuk belajar di luar kampus. Prof. Dr. Suhendrayatna menuturkan bahwa setiap mahasiswa dapat memilih untuk mengikuti program MB-KM maupun tidak mengikuti sama sekali. Helmi, S.IP., M.IP, selaku Ketua Tim Penyusunan Kurikulum Prodi Ilmu Pemerintahan, menyampaikan bahwa terkait mekanisme magang akan disusun SOP oleh pihak prodi dan dari pihak fakultas juga akan ada tim yang menkoordinir program MB-KM. Terkait perubahan kurikulum yang baru, dia juga menuturkan bagi mahasiswa yang nantinya memiliki kebingungan terkait pengisian krs agar dapat menghubungi dosen wali atau operator prodi agar tidak merugikan mahasiswa.