Contoh Rencana Bisnis Yang Bisa Jadi Acuan Dalam Perencanaanmu

  • April 18, 2020

Stigma proses pembukuan yang sulit dan memakan waktu masih sangat kuat bagi mereka yang sedang berencana membangun bisnis. Dengan manfaat yang sangat besar dari pembuatan dokumen ini sehingga dalam penyusunannya sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu cara-cara yang tepat agar dokumen perencanaan ini bisa efektif. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat perencanaan usaha yang efektif.

Untuk mengawali sebuah usaha, biasanya kita perlu ide yang unik, menarik serta potensial. Namun ide saha tidak cukup untuk memulai usaha melainkan butuh perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan itulah yang disebut dengan rencana bisnis atau marketing strategy yang mencakup semua aspek pentingnya mulai dari latar belakang, tujua bisnis, sumber daya manusia sampai dengan perencanaan keuangannya. Setiap orang yang ingin membangun bisnis, mereka selalu dihadapkan dengan rencana bisnis atau business plan yang harus dibuat sebelum para pengusaha dan pebisnis melangkah lebih jauh dalam kegiatan bisnis mereka.

Membuat suatu rencana bisnis

Anda juga perlu menghitung berapa banyak personil yang Anda butuhkan untuk mencapai goal bisnis Anda. Barulah, Anda bisa mulai mencari orang-orang yang akan mengisi posisi tersebut. Intinya, catat semua hasil temuan riset Anda untuk menjadi bagian dari bisnis plan yang akan dibuat. Lalu, di akhir periode bisnis plan tersebut, Anda bisa mengukur pencapaian dari rencana awal yang sudah ditentukan. Strategi bisnis yang dilakukan pun bisa dengan menciptakan produk seperti layanan hosting yang cepat atau meningkatkan keahlian audiens terkait bisnis on-line lewat weblog, webinar, dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan semua informasi di atas, bisnis baru yang akan Anda bangun jadi lebih terarah, kan?

Perencanaan bisnis merupakan ‘wadah’ yang tepat untuk memetakan tujuan penjualan dan pendapatan bisnis sesuai dengan anggaran pengeluaran. Tak hanya itu, perencanaan bisnis juga menggambarkan hubungan yang jelas antara investasi dengan hasil yang ingin dicapai. Dengan perencanaan bisnis, Anda sedang mempersiapkan diri untuk menjadi sukses. Komponen rencana operasional dan manajemen perlu diperhatikan demi keberlangsungan bisnis ke depannya. Company profile juga bisa memuat target pasar, aset-aset perusahaan, dan juga visi misi dari perusahaan Anda. Dengan firm profile yang baik, maka usaha Anda akan memiliki kredibilitas yang baik pula.

Pengeluaran itu dapat dikelompokkan dalam dua jenis, yaitu modal investasi dan modal kerja. Ketika sudah mengetahui three komponen penting dalam perencanaan bisnis, yuk buat enterprise plannya. Di sini akan tergambar jumlah dana yang dibutuhkan untuk bisnis dan kebutuhan operasionalnya.

Dalam menjalankan bisnis, semua pihak yang terlibat berhak mengetahui deskripsi usaha yang akan dijalankan. Untuk perusahaan lebih besar, diharapkan semua stakeholder mengetahui deskripsi usaha agar tidak terjadi salah paham. Latar belakang usaha memberikan gambaran yang menyeluruh dari munculnya ide bisnis. Analisis dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun business plan guna memberikan gambaran terhadap langkah-langkah apa yang bisa diambil.