Apakah Memiliki Tujuan Hidup Itu Penting?

  • April 21, 2020

Selain merugikan kehidupan bangsa dan negara, memunculkan ancaman perpecahan, perilaku tersebut tidak akan menempatkan individu dalam proses belajar memahami dan mentaati hukum. Padahal, period globalisasi di abad 21 akan menghadapkan manusia Indonesia pada hukum dan tatanan kehidupan bersama yang lebih luas, tidak hanya dalam batas wilayah Republik Indonesia. Perilaku sadar hukum adalah sebagian dari persyaratan yang diajukan abad 21. Kehidupan demokrasi yang sesungguhnya harus dijabarkan secara operasional di tiap tingkatan kemampuan masyarakat dalam memahaminya, sesuai karakter kelompok-kelompok yang ada. Pendekatan persuasif dan tidak sekadar responsif sangat diperlukan, yang bisa dilakukan dalam bentuk pendidikan masyarakat dalam hal kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, yang menyiratkan rasa kebersamaan, bahu membahu, saling isi, saling melengkapi. Tatanan kehidupan menurut adat dan agama harus jelas posisinya dalam tatanan hukum negara, sehingga aspirasi dan kebutuhan masyarakat bisa tertampung dengan baik dan tidak menimbulkan gejolak yang merugikan kehidupan bersama.

Sistem nilai dan moral dimaksud yaitu suatu semuanya tatanan yang terdiri dari dua atau semakin dari komponen yang satu sama lain saling mempengaruhi atau memainkan pekerjaan dalam satu kesatuan atau keterpaduan yang bulat yang berpandangan pada nilai dan moralitas Islami. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa nilai yaitu sesuatu yang sangat urgen patut secara psikologis, sosial, etika dan estetika yang selalu didambakan oleh setiap insan yang mampu menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian relevansi dengan kajian ini karenanya nilai yang berhasrat diwujudkan atau diwujudkan dalam peribadi anak didik sehingga fungsional dan aktual dalam prilaku muslim, yaitu nilai Islami yang melandasi moralitas . Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Kepribadian bangsa Indonesia sangatlah penting dan juga menjadi identitas bangsa Indonesia. [newline]Oleh karena itu Pancasila harus diam dalam diri tiap pribadi bangsa Indonesia agar bisa membuat Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa. Fasilitas komunikasi dan informasi seperti sistem komunikasi, rambu penuntun, petunjuk, dan media informasi lain. Kenyamanan terhadap getaran adalah suatu keadaan dengan tingkat getaran yang tidak menimbulkan gangguan bagi kesehatan dan kenyamanan seseorang dalam melakukan kegiatannya.

Salah satu sektor yang berkembang cukup signifikan adalah sektor teknologi informasi. Dalam berinteraksi tentunya akan muncul penyampaian pendapat antara satu manusia dengan manusia yang lain, karena dapat kita ketahui bersama bahwa setiap manusia memiliki cara pandang yang berbeda dalam memandang dan menilai sesuatu hal dalam kehidupan. Kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat secara lisan dan tulisan adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Perilaku beberapa pihak yang saling tunjuk, saling menghujat, saling menghakimi tanpa mengindahkan prosedur hukum/aturan/tatanan yang berlaku perlu segera diatasi, sebelum menyesatkan masyarakat dalam pengembangan pola pikir dan tindakan yang jauh dari kehidupan sadar hukum. Suasana pembangunan yang lebih terfokus di bidang ekonomi ditingkah dengan period globalisasi telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Tawaran untuk menikmati gaya hidup global telah mendorong semua orang untuk sibuk mencari uang, dengan berbagai cara.

Membuat suatu tujuan dalam hidup

Dalam rekayasa kebutuhan, analisa kebutuhan yang baik hedaklah menitik beratkan pada ranah permasalahan dan bukan pada ranah solusi. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai pemahaman tetang sifat dari ranah permasalahan dan permasalahan yang ada didalamnya . Pada dasarnya, analisi kebutuhan diawali dengan spesifikasi dari sistem solusi yang hendak dibangun.