Apa Perbedaan Vaksin Pfizer Dan Moderna Yang Digunakan Di Indonesia? Ini Penjelasannya

  • June 13, 2020

Selain itu, yang teranyar Moderna juga sekarang tengah mengadakan uji coba vaksin untuk anak-anak dengan usia termuda, 6 bulan. Perlu diketahui, berdasarkan uji klinik fase tiga pada November 2020 lalu, vaksin Moderna memiliki efikasi untuk mencegah gejala COVID-19 parah hingga 94,1 persen pada kelompok usia 18 sampai usia di bawah 65 tahun. Sementara yang terbaru, Pemerintah mendapatkan pasokan vaksin Moderna yang digunakan untuk booster vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dan juga masyarakat umum. Padahal, kata Lye, vaksin mRNA adalah salah satu vaksin yang paling efektif untuk Covid-19. Mereka mengurangi gejala Covid-19 hingga 95 persen, mengurangi rawat inap untuk penyakit parah lebih dari ninety persen, dan mencegah penularan lebih dari 60 persen.

Tapi, meskipun efektif melawan varian Delta, peneliti mengatakan bahwa persentasenya masih belum cukup baik dibandingkan dengan perlawanan vaksin Moderna terhadap Covid-19 generasi awal. Sementara itu, untuk diketahui sejauh ini Indonesia sendiri belum menggunakan vaksin Covid-19 dari Moderna untuk program vaksinasi Nasional. Dalam program vaksinasi Nasional free of charge dari pemerintah, saat ini digunakan vaksin Covid-19 dari Sinovac dan AstraZeneca. Mekanisme pendaftaran dan penjadwalan bisa dilakukan di masing-masing fasilitas kesehatan yang telah ditetapkan. Sebelum datang, masyarakat disarankan untuk mengubungi terlebih dahulu faskes yang dituju untuk mendapatkan penjelasan teknis vaksinasi kesehatan di lokasi yang bersangkutan.

Vaksin Moderna

Petisi yang dimaksud adalah yang berasal dari 12 dokter termasuk Dr Paul I.W. Yang, dan Dr Oon Chong Jin, spesialis kanker swasta bulan lalu, yang kemudian ditarik kembali oleh eleven di antaranya. Terkait dengan penggunaannya, Penny menerangkan bahwa vaksin Moderna diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak pemberian 1 bulan antara dosis pertama dengan dosis kedua. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian ikutan pascaimunisasi yang serius, penerima vaksin akan diminta untuk tetap tinggal di tempat layanan vaksinasi selama 30 menit sesudah divaksin. Area kulit yang akan disuntikkan vaksin harus dibersihkan dengan alcohol swab sebelum dan sesudah penyuntikan. Alat suntik sekali pakai yang sudah selesai digunakan akan dibuang ke dalamsafety boxtanpa ditutup kembali jarumnya.

Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti “obat” atau “anti-virus”, tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali psychological dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi. “Tetapi yang tetap kalah dalam semua kasus dengan aktivitas penetralan vaksin, adalah jenis virus Permainan Gacor korona asli yang pertama kali ditemukan di Tiongkok,” jelas pihak Moderna. Inc mengklaim bahwa vaksin yang mereka buat bisa digunakan untuk kalangan remaja. Mengutip Reuters, Moderna menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang mereka produksi terbukti efektif pada remaja berusia tahun.

Menurut Nadia sekitar 5 juta dosis sisanya dalam proses distribusi ke seluruh daerah untuk dialokasikan bagi masyarakat umum. Nadia mengatakan vaksin buatan perusahaan Amerika Serikat itu merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA dengan nukleosida dimodifikasi yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit Covid-19. Nadia mengatakan vaksin Moderna tersebut diberikan sebanyak dua dosis kepada peserta vaksinasi dengan interval selama empat pekan dari dosis pertama. Indonesia hingga saat ini telah menerima hibah vaksin Moderna dari Covax Facility sebanyak total 8 juta dosis. Sebanyak 3 juta dosis di antaranya telah dialokasikan untuk 1,four juta tenaga kesehatan sebagai booster.