Apa Itu Diversifikasi Investasi? Penting Untuk Diketahui!

  • April 14, 2020

Jika dibedah dari segi resiko, memiliki sebuah properti akan membuat pemiliknya secara beberapa waktu memeriksanya. Memelihara aset investasi dari bidang properti, tentunya bisa dikategorikan cukup rendah asalkan mengerti apa yang harus dilakukan. Perencana keuangan, Yuswohady, menegaskan, perencanaan keuangan harus dilakukan sejak muda. Ia juga menambahkan, mahasiswa sendiri masuk ke dalam golongan kelas menengah atau disposable income. Akan tetapi hal itu tidak berarti jika tidak digunakan dengan sebaik mungkin.

Meskipun terlihat menguntungkan, namun masih banyak yang ragu untuk melakukan investasi ini. Setelah terbiasa mengelola uang sejak dini, maka Anda akan mandiri bahkan tidak membutuhkan saran dari orang lain. Hal ini karena, Anda sebelumnya sudah belajar, meneliti, hingga merencanakan pengelolaan uang di usia muda. Banyak orang yang masih mengartikan investasi untuk menjadi sukses hanya dengan cara menanamkan modal pada perusahaan, emas, ataupun properti.

Belajar memasak sangat berguna karena kita tak perlu bergantung pada orang lain soal makanan, selain bisa lebih menghemat daripada selalu jajan di luar. Kita sudah menghabiskan banyak waktu untuk berinvestasi dalam proyek profesional, persahabatan, serta komitmen, dan semuanya baik. Namun kita tak boleh melupakan berinvestasi untuk diri sendiri yang mungkin hasilnya justru paling terasa. Jadi sediakan waktu dan dana untuk melakukan hal-hal yang kita suka.

Oleh karena itu, perhatikan kesehatanmu mulai dari sekarang dan adopsi gaya hidup sehat, untuk investasi kamu di masa tua. Kamu bisa mengambil sertifikasi mengenai manajemen bisnis atau manajemen keuangan. Hal ini tidak hanya akan membuat kamu lebih unggul dibandingkan orang lain, tapi juga bisa menjadi added worth ketika kamu melamar kerja atau mendaftar program beasiswa.

Jumlah hutang yang kamu miliki merupakan salah satu hal yang harus kamu perhitungkan sebelum kamu mengikuti investasi. Banyak sekali orang di luar sana yang gagal atau tidak berhasil dalam mengikuti investasi karena mengabaikan hal yang cukup penting ini. Sebelum kamu mengikuti investasi, maka sangat penting untuk bisa mengelola keuangan terlebih dulu. Karena ketika kamu bisa mengelola keuanganmu dengan baik maka kamu juga bisa megatur strategi untuk keuangan tersebut, sehingga kamu juga bisa dengan mudah menanamkan modal investasi.

Begitu juga jika memiliki asuransi pendidikan, bisa digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak yang tiap tahunnya mengalami kenaikan. Kamu bisa menghemat dengan membawa bekal makanan dari rumah, dan menyeduh kopi sendiri di rumah. Kelemahan dari investasi jenis ini adalah tidak stabilnya nilai tukar mata uang yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misal kondisi politik ataupun sosial suatu negara.

Berinvestasi pada hal yang berguna

Namun sayangnya, dibutuhkan modal yang besar untuk memulai investasi ini. Artinya, tidak mudah dicairkan apabila investor membutuhkan dana cepat. Selain mendapat capital achieve atau kenaikan harga di masa depan, keuntungan lain dari investasi properti adalah mendapat penghasilan sewa dengan memiliki beberapa rumah sewa atau kos. Selain itu harga yang ditawarka ramah di kantong dengan beragam instrumen investasi seperti saham, saham syariah, sukuk, obligasi dan obligasi konversi. Capital achieve sendiri merupakan keuntungan yang didapatkan dari selisih antara harga beli dan harga jual saham.

Hal ini tak hanya dilakukan ketika ingin berinvestasi seperti saham saja, tapi juga harus dilakukan saat akan melakukan investasi jenis lainnya. Liputan6.com, Jakarta Tidak jarang kita berpikir untuk melakukan suatu usaha yang dapat membuat uang lebih produktif, namun di sisi lain juga terbentur dengan waktu? Investasi adalah salah satu solusi yang sangat menjanjikan untuk Anda yang ingin mendapatkan pendapatan lebih.