7 Cara Ajarkan Buah Hati Menabung Sejak Dini

  • May 6, 2020

Jika Anda berminat memilih jenis investasi ini, maka Anda dapat membeli properti seperti rumah dengan lokasi yang strategis dan menjualnya di masa yang akan datang karena hal tersebut dapat menaikan harga jual. Akan tetapi jenis investasi properti ini memperlukan modal yang cukup besar dan tidak mudah untuk menjualnya. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini sedang berkembang, pada tahun 2016 ditargetkan pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah investasi. Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Selain itu, investasi merupakan sebuah langkah awal untuk membangun perekonomian.

Sifat investasi yang penuh dengan tantangan dan dinamika sangat sesuai dengan jiwa mudamu. Selain itu, kini berinvestasi bisa dilakukan dengan sangat praktis dan mudah tanpa perlu menyita banyak waktumu. Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan banyak kemudahan dalam berinvestasi. Bila kamu ingin menjadi “bos” dengan mulai berinvestasi kamu akan merasakannya.

Pentingnya menabung

Tak ada salahnya lho, menyisihkan uang dengan nominal terkecil yang ada di dalam dompet Moms setelah selesai berbelanja dan menabungnya di celengan. Tanpa Moms sadari, uang yang Moms kumpulkan ini bisa semakin bertambah banyak. Namun, tak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk menabung dan bahkan justru semakin boros. Kalau ya, saatnya Anda mencoba 7 cara menabung unik dan antigagal berikut ini!

Tahap pertama yang harus kamu siapkan sebelum mulai mengumpulkan dana pensiun yaitu menentukan target umur yang tepat untuk pensiun. Misalkan goal pensiun kamu di umur 60 tahun dan saat ini sedang berada di rentang usia 20 sampai 30 tahun, berarti kamu memiliki waktu untuk mengumpulkan dana pensiun selama 30 sampai 40 tahun. [newline]Pada jangka waktu produktif itu, mulailah untuk menabung dana pensiun. Jika kita memilih menggunakan bank-bank Indonesia yang membuka cabang di Malaysia, uang dalam rekening bisa disimpan dalam bentuk rupiah. Buruh migran yang berada di negara penempatan Malaysia sebenarnya bisa juga menabung atau membuka rekening di bank Malaysia. Tetapi harus ada penanggung jawab dari majikan atau dari tempat kerja kita. BANDARLAMPUNG, WongKito.co– Saat kondisi keuangan kita sedang khawatir alias pendapatan menurun, di sisi lain menabung dana darurat tetap harus dilakukan.

Selain itu, separuh uang THR atau angpao yang anak dapat dari keluarga juga bisa ditabung. Walaupun hanya menyisihkan sedikit uang, lama-kelamaan uang yang ditabung secara teratur akan semakin banyak. Supaya anak lebih termotivasi, Anda dapat menempelkan gambar barang yang ingin ia beli di samping celengannya. Dengan menetapkan tujuan dan perencanaan, cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah pun bukan hal yang mustahil dilakukan. Pada titik ini, kemungkinan kamu sudah terbiasa menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk dana darurat. Hal lain yang tidak kalah penting, pada digibank by DBS kamu bisa memilih berinvestasi obligasi di pasar primer ataupun di pasar sekunder.

Jika Anda berencana untuk pindah rumah atau membeli mobil baru untuk menggantikan mobil lama, akan sulit melakukannya jika Anda tak mempunyai tabungan. Mulailah menabung hari ini, sehingga Anda bisa memanfaatkannya ketika dibutuhkan. Banyak dari kita berpikir bahwa hanya orang-orang kaya yang mampu membeli barang mahal dan bermerek. Setiap orang mampu membeli setidaknya satu barang mahal dalam setahun, jika orang itu menabung. Lihat pengeluaran kita 3-6 bulan ke belakang dan tetapkan pengeluaran yang realistis.

Jadi, anggap kita menabung dengan membayar pajak pribadi, dan pindahan uang itu selama bertahun-tahun, simpanan kecil 500 ribu sampai sejuta akan berubah menjadi puluhan juta rupiah. Terkadang, orang-orang mempertanyakan cara menabung agar cepat banyak untuk anak sekolah. Walaupun sedikit demi sedikit, tabungan anak pasti bertambah banyak jika ia rutin menabung. Selain itu, mengambil uang yang ditabung di bank juga tidak semudah mengambil uang di celengan. Jadi, cara ini memungkinkan anak untuk tidak sembarangan mengambilnya.

Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mengetahui secara pasti kemana uang Anda mengalir selama ini. Jangan-jangan, dibanding kebutuhan utama, uang Anda justru banyak dihabiskan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting. Jika berniat menabung, maka mulailah masukan kegiatan menabung sebagai prioritas.

Bentuk kegiatan yang difokuskan dalam peringatan Hari Indonesia Menabung adalah edukasi terkait pentingnya investasi dan menabung di usia muda. Melalui Aplikasi CommBank Mobile, transaksi perbankan dibuat menjadi lebih sederhana, mudah dilakukan dan lebih menyenangkan. Aktivitas menabung bisa menjadi jurus orang tua untuk mengajarkan anak untuk berusaha menyisihkan uang demi mendapat sesuatu yang diinginkan.